Jangan Gentar! Ini Tips Bersaing dengan Pekerja Asing di Indonesia

Mudahnya akses pekerja asing di Indonesia sejak diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengundang berbagai reaksi yang beragam. Sebagian orang menganggapnya sebagai tantangan, sebagian lagi merasa terancam karena alasan takut kalah dalam persaingan kerja.

Sebenarnya, kita tak perlu mencemaskan karier atau profesi yang digeluti hanya karena ada pekerja-pekerja dari negara lain yang masuk ke tanah air. Justru masuknya mereka harus melihatnya sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri, sebab siapa tahu nanti giliran Anda yang ditugaskan bekerja di luar negeri.

Lantas, bagaimana cara agar dapat bersaing dengan pekerja asing?

Asah potensi dan keterampilan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengasah potensi dan keterampilan sesuai bidang. Hal ini bukan cuma membantu Anda berprestasi di perusahaan, tetapi juga mengimbangi keahlian tenaga kerja asing (TKA) yang masuk berkat MEA.

Fokuskan diri Anda pada pengembangan soft skill dan hard skill yang sekiranya dibutuhkan di masa depan. Jangan lupakan juga soft skill yang berkaitan dengan leadership untuk memudahkan Anda dalam memimpin dan bekerja dalam kelompok atau organisasi.

Memperkuat mental di dunia kerja

Mental kerja turut menentukan juga kesiapan kita menghadapi MEA. Seseorang dengan kondisi mental kurang stabil atau mudah terpengaruh cenderung kurang menyukai kehadiran TKA.

Jika Anda masih punya mindset seperti ini, coba ubah. Perkuat mental supaya tidak dianggap remeh oleh pekerja lokal maupun pekerja asing di Indonesia. Nilailah sesuatu dari berbagai sisi sehingga Anda juga tahu cara yang tepat untuk menghadapinya.

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa menjadi hal yang cukup dipertimbangkan sejumlah perusahaan, khususnya bagi yang sudah bertaraf internasional, terutama kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa-bahasa yang dikuasai seorang pekerja tak cuma membantu dalam berkomunikasi, melainkan juga mengasah skill kognitif, menaikkan daya jual, serta memahami hal-hal baru yang dibawa pendatang dari luar negeri. Imbangi pula kemampuan tersebut dengan public speaking supaya audiens dapat mencerna informasi yang Anda sampaikan dengan positif dan efektif.

Jangan ragu mengembangkan diri

Prinsip out of the box sudah ketinggalan zaman. Sekarang, saatnya Anda melakukan eksplorasi seluas mungkin, bukan sekedar di luar kotak, tetapi juga menjauhi kotak.

Dengan penyelenggaraan MEA, sebenarnya pekerja dari negara-negara ASEAN dapat saling berbagi sekaligus menjelajahi potensi yang ada. Anda yang sudah membekali diri dengan keterampilan kerja yang mumpuni akan lebih mudah beradaptasi saat berada di negara lain. Pasalnya, tak ada lagi batasan yang nantinya menghalangi kesempatan untuk maju.

Memperluas jaringan kerja

Jangan biarkan diri Anda bak katak dalam tempurung. Apabila Anda ingin bisa bersaing dengan pekerja asing, perluas jaringan kerja maupun komunikasi. Caranya, bisa mengikuti organisasi maupun komunitas yang ada di sekitar kampus, lokasi kerja, atau tempat tinggal Anda.

Bergabung di tengah masyarakat maupun jejaring professional dari bidang kerja lainnya akan membantu Anda menghadapi orang-orang dari macam-macam latar belakang, termasuk para pekerja asing di Indonesia.



Leave a Reply