Lima Tipe Training untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas sumber daya manusia adalah salah satu bagian terpenting yang menentukan kemajuan perusahaan, sekaligus juga reputasi sebuah perusahaan. Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, maka SDM yang diperkerjakan pun harus ditingkatkan kemampuannya.

Dalam hal ini, perusahaan perlu membekali karyawan mereka dengan rangkaian pelatihan dan pengembangan. Berdasarkan fungsi manajemen sumber daya manusia, berikut program-program pelatihan yang dapat menunjang peningkatan kualitas SDM.

Skill training (pelatihan ketrampilan/kemampuan kerja)

Sesuai namanya, program pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan atau kemampuan SDM sesuai bidang kerjanya. Skill training termasuk jenis pelatihan yang dilakukan sebagian besar perusahaan.

Karyawan yang mengikuti program tersebut akan menjalankan serangkaian proses mulai dari penilaian pada kebutuhan hingga kekurangan yang nantinya akan diidentifikasi melalui pemeriksaan teliti hingga menjalankan pelatihan tersebut. Jadi, karyawan tersebut diharapkan mampu memperbaiki maupun menaikkan skillnya.

Retraining

Sebagai pelatihan ulang, maka program pelatihan ini membantu karyawan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan tren. Mereka nantinya mendapatkan sejumlah keterampilan yang bisa memudahkan proses adaptasi sehingga mereka tidak terkejut pada pembaruan yang ditetapkan perusahaan. Jadi, selain mempelajari skill baru, SDM yang bersangkutan pun lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

Cross functional training

Cross funtional training termasuk jenis program yang relatif berat, tetapi diperlukan perusahaan untuk mempersiapkan karyawan-karyawan yang memiliki potensi unggul yang dikader untuk mengisi posisi strategis di masa depan. Pelatihan lintas fungsional meliputi kegiatan-kegiatan yang akan mendorong karyawan mengerjakan tugas dari bidang lain. Dalam hal ini, karyawan dari setiap bidang perlu menguasai keterampilan yang sesuai dengan pekerjaannya agar tidak kesulitan saat pindah ke bidang lain.

Team training

Bekerja dalam tim adalah hal yang mutlak saat berada di perusahaan maupun terlibat dalam bisnis. Namun, tidak semua orang dibekali kemampuan bekerja dalam kelompok, sehingga membutuhkan pelatihan yang akan membantu karyawan berkembang. Jika karyawan mempunyai kecakapan bekerja secara individu maupun dalam tim, maka perusahaan menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan.

Creativity training

Terakhir, pelatihan kreativitas yang bertujuan untuk meningkatkan daya inovasi perusahaan.  Dengan pelatihan kreatifitas, karyawan diajarkan cara-cara menjadi inovatif dan mampu memberikan beragam gagasan di lingkup perusahaan. Program ini juga dinilai akan mengurangi jarak yang kerap terjadi antara karyawan dengan para atasan, sekaligus mengembangkan potensi karyawan. Karyawan juga mendapatkan pembekalan untuk mengutarakan ide maupun pikirannya berdasarkan nilai-nilai universal dan rasional.

Program pelatihan berjalan lancar bila perusahaan memperkerjakan atau menggunakan trainer-trainer terpercaya yang ahli di bidangnya. Dengan demikian, tujuan perusahaan dapat tercapai dengan efektif dan efisien.



Leave a Reply