Seberapa Penting Memiliki Sikap Profesional Dalam Bekerja?

Memiliki sikap professional merupakan hal yang penting dimiliki saat bekerja, sikap ini menjadi salah satu kunci kesuksesan karir seseorang. Orang yang memiliki sikap profesional biasanya memiliki karakteristik mampu memprioritaskan pekerjaan, pekerja keras, dapat diandalkan, dan dapat bersikap asertif di lingkungan kerja.

Meskipun sikap profesionalisme merupakan sikap yang penting dalam dunia kerja, nyatanya masih banyak yang belum mampu melakukannya. Bahkan seiring berjalannya waktu, sikap profesionalisme menjadi sekedar slogan saja.

Berikut ini beberapa contoh sikap profesional yang penting dimiliki dalam bekerja:

1. Bertanggung jawab

Orang yang profesional biasanya memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya. Tanggung jawab tersebut biasanya ditunjukan dengan menyelesaikan tugas dengan baik dan maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Mampu mematuhi aturan yang berlaku di tempatnya bekerja, mampu membangun relasi yang baik di lingkungan kerja, dan mampu beradaptasi dengan baik. Orang yang profesional juga berpegang teguh pada nilai-nilai etika, menjunjung tinggi kejujuran, bertindak dengan adil dan transparan.

2. Disiplin dan mematuhi aturan

Dimanapun kita bekerja, pasti ada aturan dan kebijakan yang harus dipatuhi. Sebagai karyawan, kita harus bisa mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku. Mulai dari tata tertib, job description, kode etik, dan lain sebagainya.  

3. Mampu memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan

Saat bekerja kita harus mampu memisahkan urusan pribadi dan urusan pekerjaan. Pekerjaan menuntun kita untuk tetap fokus dengan pekerjaan. Usahakan untuk fokus dengan pekerjaan selama berada di tempat kerja. Jangan terlalu membahas masalah pribadi kepada rekan kerja lain. Begitupun sebaliknya, jangan membahas pekerjaan ketika berada di rumah atau saat bersama keluarga.

4. Memiliki etika kerja

Memiliki etika kerja juga merupakan salah satu faktor yang bisa menunjang karir. Biasanya orang yang memiliki etika kerja bisa membuat kita dikagumi oleh orang lain. Contohnya ketika berbicara dengan orang lain baik atasan maupun rekan kerja, kita harus berbicara secara sopan, tidak memotong pembicaraan orang lain, dan lain sebagainya.

Kita juga harus menjadi individu yang dapat diandalkan dan dipercaya. Sekaligus juga individu yang fleksibel dan dapat tetap fokus pada kewajiban saat dihadapkan dengan hal-hal yang tidak terduga.

5. Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya

Karyawan yang memiliki sikap profesionalisme biasanya memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaanya. Mereka menjunjung tinggi totalitas dan komitmen dalam menyelesaikan tugas. Termasuk juga, berusaha bekerja maksimal sesuai dengan yang diharapkan atasan.

Dapat disimpulkan bahwa memiliki profesional penting dimiliki setiap karyawan untuk kemajuan karir. Hal ini penting agar kita dapat memposisikan diri dan mampu memahami tugas dan tanggung jawabnya. Dapat fokus dan konsisten terhadap pekerjaan.

Masih banyak lagi sikap profesionalisme yang penting dimiliki seorang karyawan, di antaranya adalah disiplin dan mampu bekerjasama. Menjadi profesional berarti mampu menempatkan diri sebagai orang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya. Mampu membangun hubungan dan relasi yang baik, serta selalu fokus dan konsisten dengan target dan tujuan perusahaan.



Leave a Reply