- June 11, 2025
- Posted by: Admin
- Category: Blog

Apakah kamu termasuk orang yang suka menunda-nunda mengerjakan tugas? Hampir sebagian dari kita pernah melakukan kebiasaan ini. Orang yang suka menunda-nunda pekerjaan biasanya lebih senang menyelesaikan tugas mendekati deadline. Sebenarnya hal ini tidak masalah, namun untuk menghindari rasa panik ketika mendapatkan tugas mendadak, maka lebih baik untuk mengerjakan semua pekerjaan di awal waktu agar tidak terjadi kekacauan.
Memiliki kebiasaan menunda baik disengaja maupun tidak bukanlah hal yang baik. Lagipula dengan tidak melakukan kebiasaan menunda, kita akan terhindar dari perasaan cemas karena dihantui oleh kewajiban tugas yang belum kita kerjakan. Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan menunda? Berikut caranya:
1. Kenali waktu produktif
Kita semua memiliki waktu-waktu paling produktif untuk kerja. Waktu produktif ini adalah waktu yang kita bisa sangat bersemangat mengerjakan tugas. Waktu tersebut bisa di pagi hari, siang, maupun malam hari. Dengan mengenali waktu produktif, maka kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas. Kenali waktu produktif dan manfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu.
2. Buat media pengingat
Untuk menghentikan kebiasaan menunda, salah satu caranya adalah dengan membuat media pengingat. Kita bisa membuat catatan di buku tulis, kalender, maupun post-it. Tulis semua tugas yang harus dikerjakan beserta deadline-nya. Lalu letakkan catatan tersebut di meja kerja. Mungkin ini terlihat sepele, namun untuk kita yang suka menunda, ini cukup efektif. Kita akan terus melihat catatan tersebut dan mengingat tugas yang belum dikerjakan, sehingga bisa termotivasi untuk segera mengerjakannya.
3. Tentukan target untuk diri sendiri
Menentukan target untuk diri sendiri dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas, efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda. Berikan target dan paksa diri untuk menyelesaikannya. Kita bisa membuat jadwal harian dan mingguan, lalu tetapkan batas waktu dari setiap tugas dan patuhi jadwal yang sudah dibuat. Selain itu kita juga dapat menentukan tugas apa saja yang harus diselesaikan lebih dahulu. Dengan menekankan deadline untuk diri sendiri menyelesaikan tugas di luar deadline asli yang sudah ditentukan, kita bisa mengatasi kebiasaan menunda.
4. Disiplin
Kebiasaan orang yang menunda tugas diakibatkan oleh sifat yang tidak disiplin. Ciptakan kedisiplinan mulai dari mengerjakan tugas sesegera mungkin dan tidak menunda-menundanya. Dengan tidak menunda pekerjaan mendekati waktu deadline, kita bisa lebih tenang dan lebih maksimal dalam menyelesaikan tugas. Kita juga bisa lebih fokus dan tidak tergesa-gesa untuk mengerjakan tugas. Hal ini meminimalisir terjadinya kesalahan karena kita memiliki lebih banyak waktu mengerjakannya.
5. Buat Motivasi diri
Memiliki motivasi bisa menjadi salah satu cara menghentikan kebiasaan menunda. Kita bisa mencari sumber motivasi dan gunakan sebagai dorongan untuk lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas. Sehingga kebiasaan menunda dapat kita hindari. Untuk itu penting mencari tahu apa yang benar-benar bisa memotivasi diri saat bekerja, sehingga kita bisa lebih produktif lagi.
Jadi, setelah membaca tips di atas mulai sekarang biasakan untuk tidak menunda tugas. Menunda tugas hanya membuat tugas semakin menumpuk. Semakin banyak tugas yang ditunda, semakin banyak waktu habis tidak produktif. Dengan tidak menunda-nunda tugas, kita akan merasa lebih tenang dan tidak perlu lagi khawatir dikejar deadline atau stres karena tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan.