- May 28, 2025
- Posted by: Admin
- Category: Blog

Memiliki fokus yang baik sangat diperlukan untuk bekerja. Namun, tanpa disadari kita sering kehilangan fokus dan konsentrasi kerja. Kehilangan fokus dapat disebabkan faktor internal maupun faktor eksternal seperti, kelelahan, stres, distraksi, dll.
Untuk itu penting berupaya untuk menjaga dan meningkatkan konsentrasi agar bisa fokus. Sehingga tidak menghambat aktivitas kerja, proses menyelesaikan tugas, dan membuat waktu kerja menjadi lebih efisien.
Lalu, bagaimana cara meningkatkan fokus saat kerja? Berikut cara yang dapat diterapkan:
1. Latih otak untuk meningkatkan konsentrasi
Salah satu penelitian menemukan bahwa orang yang sering melatih otaknya akan memiliki konsentrasi, daya ingat, serta fokus yang lebih tinggi. Salah satu caranya adalah dengan sering melatih otak dengan rajin membaca, atau bermain game yang dapat mengasah otak (seperti TTS, catur, puzzle, sudoku, dll). Latihan otak ini selain terasa menyenangkan, juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif.
2. Luangkan waktu untuk istirahat
Cara selanjutnya untuk meningkatkan fokus adalah meluangkan waktu untuk istirahat. Biasanya fokus menurun atau hilangnya konsentrasi kerja diakibatkan banyaknya tugas dan tidak dibarengi dengan waktu istirahat yang cukup. Jadi, upayakan untuk meluangkan waktu beristirahat walaupun hanya sebentar. Memberi jeda untuk beristirahat juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.
3. Hindari multitasking
Memaksakan diri mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan atau multitasking, ternyata dapat memecahkan fokus dan konsentrasi. Otak kita memiliki keterbatasan dalam memikirkan lebih dari satu hal dalam satu waktu.
Bekerja secara multitasking dapat membuat pikiran mudah teralihkan dan menyebabkan konsentrasi terpecah sehingga sulit untuk fokus menyelesaikan tugas. Untuk itu kerjakan satu per satu tugas sampai benar-benar selesai, lalu berganti mengerjakan tugas lainnya.
4. Mengerjakan tugas yang terpenting dahulu
Mengerjakan tugas berdasarkan to do list dari yang paling penting terlebih dahulu, menjadi salah satu cara menjaga fokus saat kerja. Utamakan pekerjaan yang memiliki deadline yang paling dekat. Lalu fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut. Setelah itu berlanjut ke pekerjaan terpenting berikutnya di urutan selanjutnya. Hal ini membuat hasil kerja menjadi maksimal dan resiko kesalahan kerja berkurang.
5. Buat tempat kerja senyaman mungkin
Lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap fokus dan konsentrasi, terutama di meja kerja kita sendiri. Kita bisa mulai menata meja kerja senyaman mungkin dengan meletakkan dekorasi atau rencana kerja. Membuat meja kerja senyaman mungkin dapat membuat fokus kerja tetap terjaga. Ini juga membuat kita semangat dalam melakukan berbagai macam tugas.
6. Jauhi gangguan atau distraksi
Menurut penelitian, pekerja kantoran rata-rata mengalami interupsi setiap 11 menit selama bekerja. Di sisi lain, diperlukan waktu sekitar 25 menit hingga otak benar-benar bisa fokus kembali. Ada banyak hal yang dapat mengalihkan pikiran atau fokus saat bekerja, salah satunya adalah gangguan atau distraksi.
Salah satu gangguan yang paling umum adalah notifikasi handphone yang menyebabkan kita lebih sering melihat atau memeriksanya. Gangguan dari rekan kerja yang bertanya atau mengajak ngobrol masalah di luar pekerjaan, atau suara bising di sekitar kita, bisa juga mengganggu fokus kerja. Maka solusi yang bisa digunakan adalah dengan menonaktifkan atau men-silent notifikasi handphone. Kita juga bisa mencari tempat kerja yang tenang dan minim gangguan agar bisa berkonsentrasi selama melakukan pekerjaan.