5 Alasan Utama Manajemen Sumber Daya Manusia tetap Dibutuhkan di Era Teknologi

Tanpa adanya praktik manajemen yang tepat, mustahil sebuah perusahaan mampu mencapai target-targetnya, termasuk manajemen sumber daya manusia adalah hal vital yang muskil dikesampingkan. 

Meski kita sering mendengar beragam terobosan dan gambaran visioner tentang kekuatan teknologi, namun tanpa ditunjang pengelolaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, teknologi justru sulit diterapkan.

Kreatif dan inisiatif

Praktik manajemen atau pengelolaan SDM memegang peranan penting terutama dalam hal  mengembangkan karyawan mencapai potensi penuhnya.  Inovasi dalam perusahaan terjadi karena karyawan yang kreatif dan menunjukkan inisiatif atau terobosan dalam bekerja.  Teknologi tidak dapat diharapkan untuk mengambil inisiatif.  Inisiatif adalah salah satu sifat khas manusia yang bila diterapkan dengan tepat, akan menambah daya saing  perusahaan. Seringkali kegagalan dalam mengelola sumber daya manusia akibat mengabaikan potensi-potensi yang seharusnya dapat dikembangkan lebih baik dalam sebuah perusahaan.

Pemetaan jangka panjang untuk mencapai visi perusahaan

Perusahaan menerapkan praktik pengelolaan sumber daya manusia untuk tujuan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.  Skema keberlanjutan jangka panjang itu kemudian diuraikan lagi ke beberapa tahapan periode yang lebih pendek dan strategi yang tepat, yang pastinya tetap membutuhkan peran manajemen sumber daya manusia.  Setidaknya ada lima tindakan perusahaan yang berkaitan pengelolaan sumber daya manusia, yakni:

  • Potensi mengembangkan organisasi

Organisasi berkembang karena potensi karyawan dalam perusahaan juga dikembangkan. Semakin dunia maju dalam teknologi, semakin potensi-potensi unggul dalam diri manusia perlu diwujudkan. Hal inilah yang dianalisis dan dikaji oleh tim manajemen sumber daya manusia sekaligus memberikan kesempatan pada tiap karyawan untuk melangkah lebih maju ke pengembangan dirinya.

  • Meningkatkan kualitas produk/servis

Persaingan industri dan bisnis yang semakin ketat menjadi satu hal penting yang harus dipantau oleh perusahaan. Salah satu kunci vital untuk mendorong dan membuka terobosan baru dalam hal kualitas produk/servis perusahaan adalah dari meminta masukan dari setiap karyawan di setiap lini bisnis. Kecil kemungkinan dihasilkan produk berkualitas dengan terobosan baru tanpa kontribusi dari karyawan. Itulah mengapa pengelolaan sumber daya manusia selalu berhubungan erat dengan mutu produk.

  • Produksi pengetahuan

Lingkungan kerja yang kondusif membantu setiap karyawan untuk saling mendukung dan berkontribusi dalam hal pengetahuan dan wawasan. Manajemen sumber daya manusia salah satunya dimaksudkan untuk terbangunnya lingkungan kerja yang kondusif tersebut. Bagaimana membangun lingkungan kerja yang selaras antara teknologi tinggi dan human touch adalah peran pengelolaan sumber daya manusia yang tidak bisa disepelekan.

  • Penguatan sarana dan infrastruktur

Manajemen sumber daya manusia juga bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan infrastruktur perusahaan. Perusahaan perlu memahami apa yang menjadi kendala para karyawan dalam mengakses sarana dan infrastruktur, dan solusi apa yang mestinya disediakan. Pembangunan infrastruktur yang tepat juga merupakan respons dari hasil evaluasi di lapangan terkait pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia tersebut.

  • Evaluasi dan reformasi manajemen

Sebuah perusahaan yang baik akan selalu mengevaluasi diri dan melakukan reformasi manajemen kerja. Proses yang berkelanjutan dengan pembaruan di segala aspek akan mengarah pada sistem administrasi yang lebih modern, yang tentunya membutuhkan integrasi di semua aspek. Evaluasi dan reformasi manajemen salah satunya dikontribusikan dari pengelolaan sumber daya manusia berdasarkan konteks.



Leave a Reply