Mengenal Metode Umum Dalam Pembukuan

Pembukuan dalam suatu bisnis menjadi dasar dari sistem akuntansi. Untuk, pembukuan penting dilakukan karena merupakan salah satu proses pencatatan yang  dilakukan secara terstruktur untuk mengumpulkan data dan berbagai informasi keuangan hingga penyusunan laporan keuangan.

Sebagai satu hal penting bagi perusahaan, pembukuan harus benar-benar diperhatikan, sebab dengan adanya pembukuan maka perusahaan bisa mengetahui setiap laba dan rugi yang dialami perusahaan, serta juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat strategi baru guna memajukan suatu perusahaan.

Dalam pengelolaannya, dibutuhkan teknik dan metode pembukuan yang tepat. Perlu diketahui, terdapat dua metode umum yang sering digunakan dalam pembukuan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas kedua sistem atau metode umum yang bisa Anda lihat sebagai pembukuan nyata, yaitu:

Sistem Pembukuan Berpasangan

Sistem pembukuan berpasangan umumnya sangat cocok untuk sebuah bisnis ataupun perusahaan yang berukuran besar dan mempunyai kompleksitas. Sebab dengan adanya sistem pembukuan ini dapat membuat  dua entri untuk setiap transaksi yang dilakukan perusahaan. Umumnya debit akan dibuat pada satu akun dan kredit akan dibuat ke akun lainnya. Nah, hal ini tentunya menjadi sebuah kunci dari sistem pembukuan berpasangan. Sistem pembukuan ini lebih baik dibandingkan dengan pembukuan masukan-tunggal.

Sistem Pembukuan Masukan-Tunggal

Sistem pembukuan masukan-tunggal merupakan sebuah sumber catatan pembukuan utama atau prime seperti buku kas. Catatan pembukuan utama ini sama seperti daftar rekening koran yang biasanya menempatkan pengeluaran dan pendapatan perusahaan ke dalam berbagai akun pendapatan dan pengeluaran.

Umumnya sistem pembukuan masukan-tunggal ini bekerja pada saat Anda menjalankan sebuah perusahaan kecil dengan volume transaksi yang rendah. Sistem pembukuan ini sangat penting untuk sebuah perusahaan, agar nantinya Anda bisa mengetahui keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan milik Anda setiap periode tahun pajak.

Demikianlah, sekilas ulasan mengenai sistem ataupun metode pembukuaan yang perlu diketahui. Pembukuan menjadi hal berguna agar sebuah bisnis memiliki data yang lengkap, up to date, dan sistematis



Leave a Reply