Keunggulan Menggunakan Software Akuntansi dibandingkan Akuntansi Manual

Software akuntansi berkembang signifikan selama dasawarsa terakhir, apalagi ditunjang kemajuan teknologi. Jika dulu laporan akuntansi keuangan dilakukan secara manual, sekarang sudah ada yang namanya software akuntansi yang dimanfaatkan oleh perusahaan maupun akuntan. Sistem yang satu ini memang sangat cocok diterapkan pada jaman modern ini. Tidak ada lagi yang namanya pencatatan manual. Pasalnya, segala sesuatunya sudah menggunakan teknologi informasi.

Kini memang banyak yang sudah beralih menggunakan software akuntansi. Dengan begitu, kita tidak perlu repot – repot lagi dalam membuat jurnal, buku besar, laporan akuntansi dan lain sebagainya. Bahkan tak perlu lagi menghabiskan banyak kertas hanya untuk membuat laporan keuangan.

Laporan akuntansi keuangan dengan software tentu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan manual, berikut ini beberapa keunggulan yang bisa didapatkan:

Mengelola data lebih cepat

Mengelola laporan keuangan menjadi lebih cepat. Pasalnya, sistem posting sudah otomatis dan laporan bisa disusun dengan otomatis. Akuntan hanya perlu memasukan data serta bukti transaksi yang ada. Kemudian sistem akan langsung memproses data dan informasi yang ada.

Lebih akurat dan hasilnya teliti

Dibandingkan laporan akuntansi keuangan yang dikerjakan secara manual, menggunakan software akuntansi akan memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Pekerjaan yang menggunakan kalkulator manual akan rentan adanya kesalahan penulisan. Sedangkan software lebih akurat dalam menjumlahkan hasil.

Bisa direview setiap saat

Software akuntansi memungkinkan para akuntan untuk bisa menampilkan kembali berkas – berkas laporan akuntansi keuangan dan mereviewnya. Bahkan tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas yang ada. Apalagi adanya fitur cloud yang digunakan pada software akuntansi. Dengan begitu, bisa diakses kapanpun dan dari manapun, baik melalui smartphone atau tablet.

Mudah digunakan

Software laporan akuntansi keuangan bisa digunakan oleh siapapun. Pasalnya, hanya satu syarat untuk mengoperasikannya, yakni bisa mengoperasikan komputer dan memahami prosedur pembukuaan dan standarnya. Dengan begitu, aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh pakar komputer saja atau pakar akuntansi. Anda pun juga bisa menggunakannya.

Di jaman canggih saat ini tentu sudah banyak perusahaan yang meninggalkan cara manual dan lebih memilih menggunakan software laporan akuntansi keuangan.

 



Leave a Reply