Tiga Langkah Efektif Bebas Masalah Laporan Akuntansi Keuangan Akhir Tahun

Aktivitas pembukuan selalu membuat banyak perusahaan sibuk guna menyiapkan segala hal terkait laporan akuntansi dan bukti pembayaran. Hal ini tentu tidak akan sangat berat apabila perusahaan rutin membuat laporan akuntansi keuangan setiap bulannya dan menyelesaikan pencatatan ataupun pembukuan dengan baik.

Selain itu, masih banyak kegiatan efektif yang bisa dilakukan agar terhindari dari masalah laporan di akhir tahun sebuah perusahaan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Up to date kegiatan rekonsiliasi bank

Dalam proses rekonsiliasi akun bank akan membutuhkan waktu yang lebih banyak. Pasalnya, ada dua pihak yang harus dilibatkan, yakni bank dan perusahaan. Anda bisa aktif melakukan rekonsiliasi pada bank setiap bulannya, tanpa menunggu akhir tahun. Hal ini digunakan untuk mempermudah proses pencocokan dan menghindari kebocoran keuangan. Lebih tepatnya, hal ini dilakukan untuk menghindari faktor lupa pembayaran transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Biasanya proses rekonsiliasi dilakukan akhir bulan. Setelah rekening koran terbit serta cek nasabah yang sudah dibayarkan pada bulan tersebut. Apabila tak ada masalah, setoran dan cek yang diterima oleh nasabah sudah diterima oleh bank dalam bulan yang sama, sehingga transaksi tidak ada kejanggalan, maka saldo kas akan sama dengan milik nasabah.

Selalu ingat akan perhitungan dan pembayaran pajak

Pajak akan selalu berkaitan dengan perkembangan bisnis Anda. Apabila pajak bisa ditangani dengan baik dan tepat waktu, maka Anda tidak akan membayar denda ataupun menghadapi konsekuensi hukum. Membayar pajak tepat waktu akan membuat perusahaan tenang, terutama dalam hal keberlangsungan perusahaan, terlebih kalau perusahaan asing.

Tidak hanya itu saja, pembayaran pajak yang baik akan memudahkan pencatatan kewajiban keuangan. Hal ini akan berdampak pada laporan akuntansi keuangan. Sehingga saat investor membutuhkan, data sudah tersedia secara akurat dan up to date.

Mencatat segala jenis transaksi

Dalam laporan akuntansi keuangan, segala jenis transaksi harus dicatat dengan baik. Tentunya hal ini akan sangat berdampak pada berbagai implikasi keuangan. Salah satunya adalah faktor lupa (human error), kemudian bukti pembayaran yang hilang.  Akibatnya bisa  hilangnya peluang mendapatkan investor yang potensial karena laporan yang tidak siap.

Demikian tiga langkah sederhana dan efektif untuk bebas dari masalah penyusunan laporan keuangan akhir tahun.



Leave a Reply