Kenali Beda Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Aktivitas akuntansi dalam sebuah bisnis memang tak bisa diabaikan. Pada umumnya, akuntansi dibedakan menjadi dua, yakni akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Kebanyakan akuntansi manajemen digunakan untuk pihak dalam perusahaan, sedangkan akuntansi keuangan digunakan oleh pihak ekstern perusahaan.

Tentu saja keduanya memiliki tujuan, karakteristik dan jenis input atau output yang berbeda. Hal ini terkadang membuat orang bingung. Nah, berikut ini ada beberapa perbedaan akan akuntansi keuangan dan manajemen.

Beda tujuan 

Tujuan utama akuntansi keuangan yakni memberikan laporan keuangan yang menunjukan kondisi perusahaan. Sedangkan untuk akuntansi manajemen berguna untuk menghasilkan laporan secara detail dan spesifik guna mengetahui masalah dan menyelesaikannya.

Penggunaan laporan

Akuntansi keuangan digunakan sebagai laporan keuangan perusahaan yang akan ditujukan untuk pihak eksternal, seperti pemegang saham, kreditur, pajak hingga analisis keuangan. Namun laporan ini tidak digunakan untuk mengambil keputusan perusahaan.

Sedangkan untuk akuntansi manajemen digunakan untuk memberikan informasi keuangan guna keperluan manajemen dan pihak internal perusahaan. Laporan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan sarana mengambil keputusan sebuah perusahaan.

Ruang lingkup

Laporan akuntansi keuangan keuangan akan menyediakan informasi keuangan perusahaan secara menyeluruh, mulai dari laporan laba rugi, laporan kas, neraca dan lain sebagainya. Sedangkan untuk akuntansi manajemen lebih menekankan pada suatu bagian saja di dalam perusahaan, seperti bagian produksi, pemasaran atau lainnya.

Rentang waktu

Akuntansi keuangan kebanyakan menghasilkan laporan keuangan yang kurang fleksibel dan hanya bisa mencangkup jangka waktu tertentu, seperti satu tahun atau bulanan. Sedangkan akuntansi manajemen menghasilkan laporan yang lebih fleksibel. Pasalnya, bisa laporan bisa dilakukan mingguan hingga harian.

Fokus informasi

Akuntansi keuangan lebih berfokus pada informasi masa lalu dengan memberikan gambaran atau pertanggungjawaban manajemen perusahaan terhadap pengelolaan dana perusahaan. Sedangkan, akuntansi manajemen lebih berfokus pada orientasi yang akan datang.

Tipe informasi

Akuntansi keuangan hanya digunakan untuk mengukur informasi keuangan saja. Sedangkan, untuk akuntansi manajemen lebih digunakan untuk mengukur operasional dan keuangan, serta supplier, fisik proses, kompetitor, teknologi dan konsumen.

Sifat informasi

Akuntansi keuangan membutuhkan tingkat ketepatan yang tinggi, bisa diuji kebenarannya dan objektif. Kebanyakan perusahaan akan membutuhkan bantuan pihak independen. Sedangkan, akuntansi manajemen bisa membantu manajemen untuk mengambil keputusan, membuat perencanaan hingga pengendalian.



Leave a Reply