Peran dan Penerapan Akuntansi Manajemen di Perusahaan

Akuntansi keuangan dan manajemen adalah dua hal yang saling berhubungan. Walaupun terlihat memiliki topik-topik yang berbeda, keduanya masih dalam ranah yang sama.

Akuntansi manajemen adalah sistem akuntansi yang memanfaatkan informasi akuntansi keuangan guna membuat keputusan bisnis sehingga pihak manajemen siap dalam mengelola dan melakukan fungsi pengendalian di perusahaan.

Tentang manajemen akuntansi

Bisa dikatakan akuntansi manajemen merupakan suatu cara atau proses identifikasi, pengukuran, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan guna mengevaluasi, merencanakan, dan mengendalikan sebuah entitas. Dengan akuntansi manajemen, pimpinan bisa memastikan kesesuaian dan akuntabilitas penggunaan sumber daya yang ada.

Peranan dan penerapan manajemen akuntansi

Ada beberapa fungsi dari akuntansi manajemen yang bisa didapat perusahaan, antara lain:

1. Menghasilkan laporan keuangan untuk kepentingan pihak internal

Informasi ini sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen guna mempertimbangkan keputusan yang diambil serta menilai hasil yang sudah didapatkan. Selain itu, akuntansi manajemen bisa digunakan untuk panduan perencanaan operasional, seperti berapa banyak biaya yang dibutuhkan guna menunjang operasional tersebut.

2. Identifikasi, pengukuran, dan pelaporan informasi keuangan

Hal ini akan menghasilkan penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas untuk manajemen dalam menggunakan informasi tersebut. Dengan adanya laporan keuangan yang sistematis, detail dan transparan akan membantu pihak – pihak yang berkaitan menemukan benang merah sebuah permasalahan atau untuk menghasilkan sebuah keputusan yang akurat.

3. Penyajian laporan guna satu kesatuan usaha

Tentu saja akuntansi manajemen dibutuhkan guna kepentingan internal dalam rangka menjalankan proses manajemen, yang meliputi perencanaan, pengolahan, pengarahan dan pengontrolan.

Pihak-pihak yang membutuhkan manajemen akuntansi

Beberapa pihak berikut ini membutuhkan akuntansi manajemen, yakni;

1. Manajer keuangan, guna mendapatkan informasi yang berhubungan dengan modal, biaya, tingkat investasi, tingkat pengembalian modal dan lain sebagainya.

2. Manajer produksi guna mendapatkan informasi rincian biaya bahan, total biaya produksi, beban tenaga dan biaya overhead.

3. Manajer pemasaran guna mendapatkan informasi komponen biaya yang berhubungan dengan harga jual, menentukan sistem penjualan, beban komisi, marketing fee dan informasi nilai diskon.

Dan semua pimpinan di level board of director.  Mereka membutuhkan laporan akuntansi manajemen sebagai bagian dari menetapkan keputusan-keputusan yang bernilai strategis jangka panjang.



Leave a Reply