Pentingnya Pelaporan Akuntansi Keuangan Dalam Bisnis

Perlu diketahui bahwa akuntansi bukanlah suatu kegiatan produktif yang bisa mendatangkan laba untuk bisnis, namun peran akuntansi tidak bisa dianggap remeh. Bahkan, laporan akuntansi keuangan memiliki peran dan arti yang lebih dan bisa memajukan perusahaan. Sebelum membahas terlalu jauh, sebaiknya Anda merenung sejenak apakah memang akuntansi diperlukan dalam perusahaan Anda.

Dengan kata lain, peranan laporan akuntansi keuangan harus benar – benar Anda pahami untuk bisa memahami pentingnya pelaporan akuntansi keuangan. Dalam segi fungsi, akuntansi dibedakan menjadi dua, yakni sebagai aktivitas pencatatan dan pemberi informasi. Berikut ini peran akuntansi.

Akuntansi adalah aktivitas pencatatan

Bisa dikatakan akuntansi merupakan aktivitas pencatatan yang berguna untuk mengumpulkan dan mengolah segala data transaksi perusahaan. Pentingnya pelaporan akuntansi keuangan tentunya untuk bisa memenuhi beberapa hal yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Salah satunya adalah kebutuhan pihak ekstern terhadap laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan dan menurut ketentuan serta peraturan perundangan – undangan. Selain itu, juga untuk kebutuhan pihak intern atau manajemen untuk bisa membuat perencanaan, melakukan pengambilan keputusan dan mengendalikan operasi perusahaan.

Maka dari itu, agar laporan akuntansi keuangan dijalankan fungsinya dengan baik, Anda harus mengenali tipe informasi yang dibutuhkan. Keberhasilan aktivitas akuntansi akan diukur melalui kuantitas, tipe dan kualitas informasi yang diberikan pada pihak yang membutuhkan atau berkepentingan.

Akuntansi merupakan sumber informasi

Laporan akuntansi keuangan akan memberikan identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi keuangan yang berkaitan dengan entitas agar bisa membuat keputusan. Karenanya, tugas utama akuntansi adalah memberikan informasi agar para pengguna laporan keuangan bisa membuat keputusan. Keputusan yang dibuat akan menentukan sumber keuangan bisa dialokasikan guna kepentingan perusahaan.

Pelaporan keuangan juga memiliki nilai penting karena membantu publik dalam menentukan seberapa sehat perusahaan Anda dan sejauhmana perusahaan Anda berpotensi untuk tumbuh di masa depan. Dalam akuntansi ada beberapa disiplin ilmu yang berhubungan, yakni manajemen, keuangan, ilmu ekonomi, perilaku, komunikasi dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengendalikan prinsip – prinsip ilmu yang ada, seorang akuntan harus bisa memahami dan mengetahui bagaimana pengguna laporan keuangan akan mengolah informasi keuangan dan bagaimana laporan tersebut bisa berpengaruh terhadap keputusan yang diambil.



Leave a Reply