Manfaat Akuntansi Manajemen Dalam Organisasi

Menurut pengertiannya akuntansi manajemen menjadi suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, analisis, akumulasi dan komunikasi keuangan yang digunakan oleh manajemen untuk menyusun langkah-langkah perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Karenanya, peranan akuntansi manajemen dalam organisasi adalah hal yang sangat penting.  Peran pentingnya antara lain:

Strategi  perencanaan 

Dalam tahap perencanaan, manajer akan menyusun strategi-strategi yang tepat sehingga langkah perencanaan program dan program-program kerja selaras dengan strategi organisasi.

Akuntansi manajemen akan berperan dalam menyediakan informasi keuangan, seperti biaya program dan biaya aktivitas yang dilakukan. Perencanaan dilakukan mulai dari strategi hingga pengendalian, seperti task control.

Menampilkan informasi biaya

Peranan selanjutnya akuntansi manajemen di sektor publik adalah memberikan informasi biaya. Biaya yang dikeluarkan bisa berupa biaya proses, input dan output. Kesemua biaya yang ada wajib diinfokan karena berkaitan dengan transparansi dana. Dengan begitu, pihak manajemen bisa mengevaluasi apakah biayanya lebih atau kurang. Informasi laporan keuangan yang detail akan sangat membantu pengambil keputusan membuat ketentuan atau strategi selanjutnya.

Penilaian investasi oleh sektor publik

Bisa dikatakan informasi yang diberikan akan bermanfaat untuk penilaian investasi oleh sektor publik.  Sektor publik memiliki karakter yang lebih rumit dibandingkan sektor swasta. Mulai dari kegiatan, peraturan, pengambilan keputusan, manajemen hingga penilaian investasi. Teknik pelaporan akuntansi-nya pun juga berbeda. Pasalnya, dalam sektor publik lebih mengacu pada pelayanan terbaik, sedangkan sektor swasta digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, laporan akuntansi keuangan manajemen lebih pada analisis efektivitas biaya.

Anggaran 

Fungsi anggaran adalah untuk distribusi, alokasi, dan stabilitas sumber daya. Akuntansi manajemen berguna untuk memfasilitasi dan menciptakan model anggaran yang efektif dan efisien. Pastinya, sesuai dengan fungsi anggaran yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi manfaat akuntansi manajemen dalam hal anggaran adalah alat untuk alokasi dan distribusi sumber dana secara efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Menentukan biaya dan tarif pelayanan

Manfaat lainnya akuntansi manajemen adalah untuk menghitung pengeluaran yang akan digunakan sebagai pelayanan nantinya. Terlebih dengan pengeluaran subsidi.  Dalam hal ini, manfaatnya akan lebih terasa jika dimanfaatkan oleh sektor publik.

Menilai kerja 

Akuntansi manajemen juga dapat digunakan untuk menilai kerja. Bagaimana sebuah organisasi bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien? Bisa dikatakan akuntansi manajemen adalah alat pengendalian yang dimiliki suatu organisasi.



Leave a Reply